Skip to content
Home » Mengenal Sejarah Jumat Agung

Mengenal Sejarah Jumat Agung

Mengenal sejarah jumat agung. Berdasarkan rincian dari kitab suci seputar Pengadilan Sanhedrin atas Yesus beserta atas analisis ilmiah menyebutkan bahwa, peristiwa ini diperkirakan kemungkinan besar terjadi hari Jum’at. Namun, tanggalnya belum diketahui dengan pasti. Simak selengkapnya disini, cekidot.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Sejarah

Sejarah

Merupakan hari suci bagi para umat Kristiani, biasanya difokuskan untuk merenungkan serta memperingati dari misteri sengsara dan wafatnya Yesus di kayu salib untuk menebus dosa dari umat manusia.

Jurnal dari Christianity di tahun 2023 juga menyebutkan bahwa hal ini bertujuan guna memperingati hari penderitaan beserta kematian Yesus.

Diklaim merupakan salah satu hari yang penting di akhir pekan dalam sejarah dunia. Setelah datang hati dimana untuk mengingat Yesus rela menderita dan wafat dengan penyaliban untuk pengorbanan terakhir bagi dosa manusia.

Makna

Makna

Adanya paskah untuk menginformasikan kemenangan-Nya atas dosa dan kematian guna menunjukkan kebangkitan pada masa depan bagi semua orang yang dipersatukan dengan-Nya oleh iman.

Jumat Agung sebenarnya tepat karena kematian serta penderitaan Yesus, adalah puncak dramatis dari rencana Allah guna menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.

Dikenal dengan nama lain sebagai hari Wafat Isa Al – Masih atau Wafat Yesus Kristus. Dirayakan bagi umat katolik, dan protestanisme. Disebut sebagai Jumat Agung karena momen memperingati peristiwa penyaliban Yesus Kristus dan kematian-Nya di Bukit Kalvari atau Golgota.

Muasal

Muasal

Sebelum hari paskah terjadi, ada yang namanya Pekan Suci. Dimana umat Katolik memiliki makna kematian serta kebangkitan Yesus dari kubur, yang dimana terbagi ada 5 bagian. Mulai dari : minggu palma (palem), kamis putih, jumat agung, sabtu suci, dan minggu paskah.

Saat hari Jumat Agung, di gereja tidak akan menggunakan ornamen maupun hiasan. Altar dirubah menjadi kosong, seolah – olah sedang atas penderitaan dan penyalliban kematian Kristus.

Misa tidak dilakukan, tetapi kebaktian pada hari tersebut dibilang sebagai Misa Presanctified karena komuni yang sudah ditahbiskan pada saat Kamis Putih yang diberikan terhadap umat.

Saat merayakan hari paskah biasanya memiliki karakteristik berupa barang maupun ornamen dengan bentuk telur dan kelinci. Lebih tepatnya, hari Jumat Agung memiliki makna guna mengajarkan umat manusia tentang seputar pengampunan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang mengenal sejarah dari jumat agung. Semoga illmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

8 thoughts on “Mengenal Sejarah Jumat Agung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »

TELAH HADIR BODYCARE SERIES

Tunggu apalagi, yuk segera cobain produknya sekarang juga !!!