Skip to content

Yuk Kita Kulik ! Bahas Sekilas Seputar Komedo

Bahas sekilas seputar komedo. Komedo merupakan suatu tonjolan mungil berada di area pori – pori kulit yang akan membuatnya menjadi sebuah calon jerawat. Hal ini dapat muncul di beberapa area meliputi punggung, bahu, lengan, maupun dada.

Komedo yang terbuka dan terlihat layaknya pori – pori menjadi membengkak dan cenderung lebih menghitam dikenal dengan istilah blackhead.

Sedangkan untuk komedo yang nampak terlihat seperti tertutup dan mempunyai kulit yang muncul diatas pori – pori tersumbat layaknya ada benjolan putih kecil dikenal dengan nama lain whitehead. Muncul karena beberapa macam faktor, diantaranya disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Varian

Variant of comedo

Blackhead / komedo hitam

Terjadi karena adanya penyumbatan minyak pada folikel rambut. Reaksi kimiawi pada pigmen melanin yang menjadi salah satu penyebab komedo menjadi warna hitam serta yang paling umum banyak terjadi pada sebagian masyarakat.

Tidak menimbulkan rasa sakit maupun gejala kemerahan pada kulit. Secara umum kebanyakan terjadi pada saat remaja memasuki masa pubertas. Tanda gejalanya bisa berupa tonjolan kecil berwarna gelap muncul pada permukaan kulit, sehingga akan membuat kulit menjadi lebih kasar dibandingkan area sekitarnya.

Berbagai macam faktor bisa membuat blackhead tersebut datang kepadamu, diantaranya seperti : perubahan hormon, haid, pubertas, pil KB, mengonsumsi obat – obatan tertentu, makeup, hingga eksfoliasi berlebih.

Whitehead / komedo putih

Adalah komedo yang biasanya akan menjadi calon jerawat akibat dari adanya penyumbatan bakteri, sel kulit mati, hingga minyak yang berlebih pada kulit. Dikenal juga sebagai komedo tertutup karena penyumbatannya seringkali menutupi seluruh permukaan pori – pori.

Tanda gejalanya bisa berupa beberapa macam, diantaranya yakni : terdapat tonjolan kecil putih beserta cairan, muncul di area kulit punggung, lengan, serta dada. Penyebabnya seringkali karena proses pergantian sel kulit dan produksi sebum yang berlebihan.

Berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan persentase whitehead ini datang kepadamu, yaitu berupa : menstruasi, hamil, gen orang tua, gesekan pada kulit, stres, obat – obatan, sampai mengonsumsi makanan tertentu.

Cara Menanggulangi

Cara Menanggulangi

Kamu bisa mulai dengan mencuci muka menggunakan facial wash secara konsisten. Alangkah lebih baik lagi jika menerapkan langkah double cleansing dengan benar.

Jika sudah melakukan dengan benar, hasilnya akan membantu mengurangi minyak dan melepaskan sel kulit yang mati. Perlu diketahui untuk mencuci muka dengan intensitas sesuai dengan jenis kulit masing – masing guna menghindari kulit menjadi kering.

Blackhead

Bagi kamu yang mungkin sudah memiliki komedo tapi masih dalam jumlah yang bisa dikatakan masih sedikit, kamu bisa mencoba untuk menggunakan obat – obatan yang dapat ditemukan serta dijual bebas guna meredakan akan hal ini.

Seperti adanya benzoil peroksida, asam salisilat, serta asam azelaic bisa diaplikasikan, tentunya dengan aturan guna dan intensitas sesuai petunjuk.

Selanjutnya ada obat resep berupa : adapalene dan tretinoin guna mencegah penyumbatan pada folikel rambut yang bisa dicoba jika obat – obatan sebelumnya dirasa kurang ampuh. Cara manual lainnya yaitu adalah kegiatan chemical peeling, terapi, hingga mikrodermabrasi.

Whitehead

Kamu bisa mencoba menggunakan larutan asam AHA untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, terdapat senyawa retinoid sebagai pilihan kedua guna meredakan peradangan.

Terdapat benzoil peroksida yang bersifat antibakteri guna mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit, tetap perlu waspada dan sikap bijak guna mengaplikasikan produk ini sesuai anjuran yang berlaku.

Lalu, senyawa asam salisilat mampu untuk menembus kelenjar penghasil minyak. Usahakan untuk menggunakan produk ini dengan kandungan yang sedikit terlebih dahulu guna mengetes apakah cocok tidaknya terhadap kulit. Kamu juga bisa melakukan cara manual seperti : menjaga kebersihan wajah, membersihkan kulit, sampai tidak memencet komedo.

Pencegahan

Pencegahan

Selain melakukan aktivitas mencuci muka secara konsisten dengan intensitas teratur, kamu juga bisa mencegah munculnya komedo dengan berbagai macam hal seperti :

  • – Jika tipe jenis kulit rambut kamu berminyak, bisa mencoba untuk melakukan keramas setiap harinya. Mengapa demikian ? agar bertujuan untuk membasmi kotoran rambut yang dapat menutupi pori – pori kulit wajah.

  • – Menjaga kebersihan seperti tangan, kuku, seprai, sarung bantal guna menghindari adanya perpindahan kotoran pada barang serta minyak ke permukaan kulit terutama pada wajah.

  • – Aplikasikan produk perawatan kulit skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak beserta produk lainnya yang bersifat non komedogenik.

  • – Gunakan scrub dan masker yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah kamu sehingga membantu mengurangi pembentukan komedo pada wajah.

  • – Batasi dan kurangi makanan yang tinggi akan gula dan lemak untuk membantu wajah meredakan produksi minyak pada kulit. Setidaknya sampai komedo hilang atau lebih baikan.

  • – Pastikan untuk selalu membersihkan makeup di wajah sebelum kamu tidur atau mengakhiri aktivitas seharian penuh.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai tentang bahas sekilas seputar komedo. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

10 thoughts on “Yuk Kita Kulik ! Bahas Sekilas Seputar Komedo”

  1. pernah coba beli produk buat komedo dari racun haul yang ijo itu. bagus ampuh sih buat komedo tapii kertasnya harus dipake semua baru beneran keangkat dari hidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate »