Beragam Jenis Menjaga Kebersihan Diri

Mengapa perlu menjaga kebersihan diri ?

Beragam jenis menjaga kebersihan diri. Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan diri yang benar dan tepat. Dengan tubuh yang bersih dan sehat mampu membuat kesejahteraan seseorang menjadi optimal dan terkendali dengan baik.

Hal seperti mengenai citra diri, kesehatan, hingga rasa percaya diri mampu digoyahkan apabila kurang menjaga kebersihan diri di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penting dari sekarang guna kita menjaga kebersihan diri agar senantiasa tubuh menjadi sehat dan bugar guna menjalankan berbagai macam aktivitas sehari – hari.

Dengan menjaga kebersihan diri, kita juga mampu meminimalisir risiko terkena berbagai macam virus penyakit. Simak rangkuman berikut ini agar kamu tahu cara apa saja yang bisa kamu terapkan di rumah, cekidot.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Konsisten mandi

Konsisten mandi

Kamu bisa menentukan berapa sekali kebutuhan mandi kamu dalam sehari – harinya. Bisa dilihat dari aktivitas yang kamu lakukan, atau setidaknya minimal mandi sekali dalam sehari. Saat kegiatan yang padat memang tidak sedikit membuat masyarakat malas untuk mandi.

Di negara tropis seperti Indonesia, aktivitas mandi sangatlah penting. Mengapa demikian ? karena dengan mandi membantu mengangkat sel kulit mati, bakteri, hingga minyak pada kulit. Utamakan juga membersihkan area yang lebih mudah berkeringat dan rentan berjamur pada saat membilas diri.

Alangkah baiknya kamu bisa mandi dua kali dalam sehari jika cuaca panas, bisa juga memilih sabun mandi yang mempunyai pH 5,5 agar kulit tetap lembap disertai handuk berbahan serat mikro agar tubuh lebih cepat kering.

Sikat gigi teratur

Sikat gigi teratur

Cobalah untuk sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur untuk mencegah risiko terkena bakteri yang menjadi penyebab bau mulut, sariawan, serta gigi berlubang. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti obat kumur antiseptik maupun benang gigi guna membersihkan sisa makanan yang menempel terhadap gigi.

Perlu diketahui bahwa obat kumur tidak sepenuhnya menggantikan peran menggosok gigi beserta pemakaian benang gigi. Kamu bisa mengombinasikan cara – cara tersebut agar lebih mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, berkumur juga mampu mematikan bakteri dalam tenggorokan dan menghindari dari penyakit gigi. Cobalah untuk memilih pasta gigi yang berbahan kandungan fluorida.

Biasakan mencuci tangan

Biasakan mencuci tangan

Tangan adalah salah satu tempat yang menjadi favorit bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Jika dibiarkan saja, pada nantinya akan masuk ke dalam tubuh hingga menyebabkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu penting sekali untuk kita selalu berusaha membuat tangan menjadi bersih selalu.

Bagaimana caranya ? yakni dengan mencuci tangan selalu menggunakan sabun antibakteri, terlebih lagi jika berada pada kondisi tertentu diantaranya : setelah dari toilet, menjenguk orang sakit, memegang hewan, sampai sebelum makan.

Pada faktanya, kebanyakan infeksi terjadi karena kondisi tangan kotor setelah menyentuh mulut ataupun makanan. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif bisa memilih sabun pencuci tangan berbahan kandungan free allergen fragrance.

Setidaknya gunakan air yang mengalir menggunakan sabun yang ada, bisa juga menggunakan sanitizer untuk alternatif.

Gunting kuku dengan bersih

Gunting kuku dengan bersih

Bisa dibilang banyak juga yang memandang sebelah mata akan hal ini. Secara tidak langsung, kuku yang kotor mampu memberikan kontribusi dalam permasalahan seperti infeksi cacing kremi.

Lakukan memotong kuku dengan konsisten mengikuti alur lengkungan kuku yang sudah ada untuk menjaga tetap aman dan tidak melebihi batas daging jari tersebut. Jangan coba – coba untuk menggigit kuku, menarik bintil kuku, maupun memotong kutikula.

Menjaga kebersihan tempat tidur

Menjaga kebersihan tempat tidur

Agar tubuh tetap menjadi segar dan bersih maksimal, ada kala pakaian dan seprai juga dicuci secara bertahap dan rutin. Cucilah sprei setidaknya seminggu sekali agar mencegah adanya tungau muncul, dengan begitu tidur juga bisa lebih nyaman dan berkualitas tinggi.

Gunakan juga deodoran agar meredakan intensitas keringat yang ada dalam tubuh. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa memilih untuk membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan secara berkala.

Begitu juga dengan kebersihan hidung. Hidur yang kebersihannya terjaga juga berperan dalam membersihkan kotoran, lendir, dan tentunya membuat hidung menjadi lebih segar.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang beragam jenis cara untuk menjaga kebersihan diri. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

10 comments

    Red flag buat cowo yg kukunya dekil ihh ๐Ÿคฌ

      kulit kuku wajib kalian rawat dengan bersih dan dipotong secara rutin ya manteman thaby, terimakasih ka ๐Ÿ™‚

    kl dingin males mandi wehh jadinya, #pejuanghematair wkw .. ๐Ÿ˜€

      setidaknya satu hari satu kali mandi ya ka, agar tubuh juga tetap sehat dan bugar. terimakasih ๐Ÿ™‚

    Kumpul dulu sini yg tim mandi malem aja, bukan jorok yah tapi emg badanku jrg keringetannn ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿฅฐ

      minimal mandi sekali dalam sehari ya ka, semoga informasinya berguna dan bermanfaat. terimakasih ๐Ÿ™‚

    just info ygy, sikat gigi jg jgn kenceng2 pelan aja disayang gusinya biar g berdarah ๐Ÿ˜‰

      lakukan secara perlahan dan lembut ya tentunya, terimakasih buat kaka ๐Ÿ™‚

    Always wash ur hands y all friends, luv luv <3

      terimakasih atas pengingat dari kakanya agar selalu senantiasa mencuci tangan dimanapun ya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

posting terkait

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Translate ยป