Skip to content

Ini Purging atau Breakout ?

Selalu dikira sama dengan masyarakat, tetapi faktanya yaitu berbeda.

Ini purging atau breakout ? Tidak jarang banyak masyarakat yang seringkali mengira purging dan breakout merupakan kondisi yang sama, tetapi kenyataannya tidak seperti itu.

Ini terjadi karena gejala yang muncul dari keduanya yaitu hampir sama sehingga membuat sebagian orang sulit untuk membedakannya.

Alhasil, kulit akan mengalami kerusakan karena salah menerima perawatan. Untuk itu, kamu bisa simak rangkuman berikut dari kami guna mengetahui perbedaan purging dan breakout, cekidot.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Perbedaan

Purging

Purging

Merupakan proses penyesuaian kulit dimana sel kulit mati akan digantikan dengan sel kulit baru. Serta lebih mengacu ke arah reaksi kulit terhadap bahan aktif dari suatu produk dan dapat meningkatkan proses pergantian sel kulit itu sendiri.

Fase purging secara general akan muncul di area kulit wajah yang sering bermasalah, di area tersebut memang biasanya terdapat sisa kotoran yang tidak bersih.

Maka dari itu, ketika sel kulit saat berada dalam posisi regenerasi dengan cepat akan dapat melakukan yang namanya pengelupasan sehingga membuat munculnya jerawat ringan setelahnya.

Breakout

Breakout

Merupakan reaksi kulit saat tidak cocok dengan produk skincare yang digunakan, sehingga akan menimbulkan iritasi terhadap kulit. Breakout juga dapat timbul oleh berbagai macam faktor, diantaranya seperti stres hingga pola makan yang tidak sehat.

Biasanya akan muncul jerawat yang tumbuh di area kulit yang belum pernah berjerawat sebelumnya. Diperkirakan akan memakan waktu 8 – 10 hari untuk proses muncul, matang, sampai menyusut.

Selain karena kandungan dalam produk skincare, kondisi breakout juga diklaim disebabkan oleh faktor hormon, bakteri, lingkungan, sampai minyak yang berlebih.

Cara Mengatasi

Double Cleansing

Double Cleansing

Memastikan untuk tetap membuat kulit wajah kamu menjadi bersih bersinar adalah salah satu langkah terbaik untuk mencegah datangnya sebuah bakteri.

Double cleansing ada 2 tahap, yaitu : membersihkan wajah dengan cleanser berbahan dasar minyak, serta cleanser berbahan dasar air. Contoh cleanser berbahan minyak seperti cleansing oil dan yang berbahan air seperti micellar water.

Tidak Menyentuh Wajah

Tidak Menyentuh Wajah

Usahakan untuk tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor, terlebih lagi kalau yang sedang berjerawat. Mengapa ? karena kebiasaan ini faktanya dapat menyebabkan peradangan dan berisiko untuk menyebabkan proses purging jauh lebih menjadi lama. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi kepadamu bukan ?

Membatasi Makanan Karbohidrat Tinggi

Membatasi Makanan Karbohidrat Tinggi

Selain kamu melakukan pencegahan dari sisi aspek luar, ada baiknya kamu juga perlu merawat dari sisi aspek dalam. Salah satu dari sekian banyak cara yaitu untuk membatasi atau mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan karbohidrat tinggi.

Mengapa demikian ? karena hal ini mampu meningkatkan risiko munculnya jerawat, bahkan sampai memperparah jerawat. Contoh makanan serta minuman diantara lain : nasi, ubi, yoghurt, sampai mangga.

Hindari Produk Skincare Comedogenic

Hindari Produk Skincare Comedogenic

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak ataupun rentan akan jerawat, cobalah untuk mengurangi serta mungkin berhenti sebentar untuk penggunaan produk skincare yang berbahan kandungan comedogenic.

Mengapa ? karena pada umumnya skincare yang berbahan dasar minyak akan membuat pori – pori menjadi tersumbat. Oleh karena itu, baik bagi kamu untuk selalu memperhatikan secara jelas bahan kandungan skincare apa yang akan kamu gunakan.

Sebaliknya bagi kamu yang bertipe jenis kulit kering, dianjurkan untuk menggunakan produk berbahan dasar minyak untuk mengembalikan dan memproduksi minyak di wajah kamu.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang ini purging atau breakout. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

12 thoughts on “Ini Purging atau Breakout ?”

  1. Buat yang makanan dan minuman lebih ke arah batasi aja ya manteman. Intinya apapun yang berlebihan itu tidak baik, cukupan aja ya bestie :*

  2. Pengalaman pribadi saya, selama tidak menyentuh area wajah dengan tangan kotor jerawat saya akan kempes dengan sendirinya tanpa bantuan produk apapun sama sekali. Aneh tapi nyata, nt kadang kadang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Kandungan
admin

Benefit Asam Salisilat Bagi Kulit

Benefit asam salisilat bagi kulit. Asam salisilat adalah merupakan salah satu bahan aktif yang dikenal untuk digunakan dalam aspek produk perawatan kulit skincare. Bahan kandungan

Read More ยป
Kesehatan
admin

Tips Menjaga Warna Tone Kulit

Tips menjaga warna tone kulit. Warna tone kulit yang bisa dibilang sehat serta merata nyatanya mampu memberikan tampilan yang indah dan menawan. Berbagai macam faktor

Read More ยป
Kecantikan
admin

Taktik Jitu Merawat Kecantikan

Taktik jitu merawat kecantikan. Kecantikan adalah merupakan hal yang dimana menjadi keinginan banyak masyarakat. Merawat kulit serta rambut dengan tepat adalah hal penting dalam menjaga

Read More ยป
Translate ยป