Skip to content

Inilah Penyebab Bibir Gatal

Inilah penyebab bibir gatal. Rasa gatal yang hadir di bibir secara mendadak memang cukup untuk membuat kamu menjadi bingung dan risih.

Kamu perlu mengetahui apa saja penyebab pastinya agar dapat melakukan langkah pengobatan dengan cara yang tepat. Apa saja caranya, berikut ulasan yang telah dirangkum oleh kami untuk kalian.

Apa saja penyebabnya ?

Berbagai macam faktor penyebab bibir gatal seperti kondisi bibir yang kering, infeksi, reaksi alergi, bahkan sampai cedera bibir. Terkadang, gatal di bibir merupakan tanda – tanda adanya kondisi medis tertentu yang sedang kamu alami.

Bibir Kering

Bibir Kering

Hal yang paling umum untuk menyebabkan bibir terasa gatal yaitu adalah dengan kondisi bibir yang kering. Mengapa seperti itu ? karena hal ini dapat dipicu oleh kebiasaan dengan menjilat bibir serta bernafas melalui mulut.

Bibir kering juga bisa di akibatkan paparan lingkungan memang dapat menimbulkan rasa gatal, kondisi seperti ini bisa terjadi karena lapisan kulit bibir menjadi lemah sehingga membuat rentan terkena iritasi, meradang, serta kemerahan.

Selain itu, bibir yang kering juga bisa menjadi salah satu faktor bahwa kamu sedang kekurangan asupan cairan dalam tubuh. Solusi bibir gatal dengan kondisi seperti ini adalah dengan dengan menjaganya tetap lembap.

Baiknya kamu bisa mengaplikasikan beberapa macam produk seperti lip balm, lip essence, atau petroleum jelly terhadap bibir. Selain itu, hindari juga aktivitas merokok dan mencukupi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh setiap harinya.

Kondisi Cuaca Ekstrim

Kondisi Cuaca Ekstrim

Saat kamu berada di lingkungan lokasi dengan cuaca yang ekstrem seperti sangat panas, angin kencang, atau sangat dingin untuk waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mulai dengan menggunakan lip balm. Terlebih lagi kamu bisa memilih lip balm yang mengandung tabir surya, karena akan bermanfaat guna melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV.

Selain itu, alangkah baiknya kamu juga memperbanyak minum air putih serta menggunakan masker ketika berada di luar ruangan. Selain rasa gatal yang dirasakan, kondisi ini juga biasanya disertai dengan bibir yang pecah – pecah dan berdarah.

Tubuh Kekurangan Nutrisi

Tubuh Kekurangan Nutrisi

Dengan tubuh yang kekurangan nutrisi ternyata juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab bibir gatal. Bisa jadi kamu kekurangan zat besi, zinc, dan vitamin B.

Cara mengatasinya kamu bisa mencoba untuk memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi – nutrisi tersebut. Seperti daging merah, tiram, serta bayam.

Tetapi, untuk beberapa kasus kekurangan nutrisi, konsultasi dengan dokter mungkin juga akan diperlukan agar dapat mengatasi kondisi tersebut.

Iritasi & Alergi

Iritasi & Alergi

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab bibir kamu terasa gatal yaitu adalah dengan reaksi alergi serta iritasi terhadap sesuatu.

Bisa jadi akibat mengonsumsi makanan atau obat – obatan tertentu, pengaplikasian pewarna bibir dan obat kumur, serta kebiasaan menggigit bibir.

Reaksi alergi selain membuat bibir gatal juga dapat menyebabkan bibir menjadi bengkak. Kondisi bibir gatal akibat hal ini bisa diatasi dengan obat resep dari dokter.

Jadi, apabila kamu mengalaminya, segera konsultasi dengan dokter guna mendapat penanganan yang tepat dan benar.

Infeksi

Infeksi

Rasa gatal di bibir juga dapat di indikasikan sebagai adanya infeksi terhadap bibir, baik itu karena jamur, bakteri, maupun virus. Contohnya adalah infeksi bakteri stappylococcus aureus, jamur candida, atau virus herpes simpleks.

Infeksi di bibir umumnya juga disertai dengan gejala lain, seperti demam, bibir bengkak, perih, serta muncul bintil atau ruam di bibir.

Jika tidak ditangani dengan segera, ditakutkan akan menyebabkan peradangan yang luas dan menimbulkan luka. Alangkah baiknya, segera berkonsultasi dengan dokter. Untuk meredakannya, cobalah untuk mengompres bibir dengan handuk yang telah dibasahi air dingin, jangan digaruk maupun digosok.

Bibir gatal juga bisa dipicu dengan chelitis. Chelitis biasanya hadir disertai dengan bibir kering, kemerahan, pecah – pecah, bengkak, bahkan sampai rasa seperti terbakar. Kebanyakan kasus bibir ini bisa diatasi dengan penanganan secara mandiri di rumah.

Tetapi, pada beberapa kasus juga diperlukan turun tangan dari dokter. Jadi, apabila kamu sudah melakukan penanganan di rumah tetapi tetap tidak berhasil, baiknya kamu segera mengunjungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat dan benar.

Cara mengatasi infeksi juga umumnya akan berbeda – beda tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya adalah bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik.

Sebaliknya jika penyebabnya adalah virus, dokter akan memberi obat antivirus dan antijamur yang sesuai. Jika gejala infeksinya mereda, maka rasa gatal pun perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan untuk kalian, semoga ilmunya bisa mengedukasi dan bermanfaat bagi semua. Sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

10 thoughts on “Inilah Penyebab Bibir Gatal”

    1. iya ka betul banget, coba mulai untuk menerapkan pola hidup sehat seperti jaga makan & minum, olahraga, jauhi lingkungan buruk, terimakasih ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate ยป