Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat juga bisa timbul dari makanan yang kita komsumsi loh.

Cek disini untuk mengetahui jenis makanan yang bisa menyebabkan timbulnya si jerawat ini.

Timbulnya jerawat umumnya sudah terjadi kepada siapa saja. Ini disebabkan karena adanya penyumbatan pori – pori oleh bakteri, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Namun, jarang sekali ada orang yang mengetahui bahwa penyebab jerawat bisa datang dari jenis makanan.

Adanya jerawat pada kulit bisa disebabkan dengan berbagai macam sebab, mulai dari produksi sebum keratin berlebih, hormon, bakteri, sampai makanan yang dikonsumsi sehari hari.

Jerawat juga terjadi pada pria dan wanita. Salah satu cara untuk meminimalisir jerawat yaitu dengan mengatur pola makan.

Yuk cek makanan apa yang wajib kamu lewati jika untuk mencegah terjadinya timbul jerawat yang telah dirangkum oleh kami.

Fast Food

Fast food biasanya mengandung olahan susu, gula , serta garam yang cukup tinggi. Ini yang membuat para orang was was mengenai fast food sebagai penyebab jerawat. Karena, makanan seperti ayam goreng, burger, hingga sosis mempunyai kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Riset dari Journal of the European Academy of Dermatology mengatakan bahwa orang yang memakan makanan fast food memiliki resiko 24% lebih besar terkena jerawat. Harus diingat bahwa bukan berarti fast food adalah penyebab pasti munculnya jerawat setiap kali habis konsumsi fast food.

Olahan Susu

Walaupun memiliki vitamin yang tinggi dan mempunyai persan sebagai sumber utama kalsium bagi tubuh, olahan susu seperti : keju, yogurt, dan es krim digadang gadang mampu meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 yang bisa memunculkan jerawat pada kulit.

Jadi mulai saat ini, awasi asupan olahan susu yang kamu konsumsi secara batas normal guna meminimalisir timbulnya jerawat ya.

Makanan Tinggi Lemak serta Omega

Tidak imbangnya asam lemak omega-6 dan omega-3 adalah penyebab pemicu datangnya peradangan tubuh sehingga bisa menimbulkan si jerawat. Contoh makanannya seperti : mayonaise, mentega, minyak jagung / kedelai.

Dengan kandungan lemak jenuh yang ada pada daging, keju, dan mentega, seringkali dihubungkan dengan faktor peningkatan insulin. Insulin yang meningkat drastis bisa merangsang produksi hormon yang juga meningkatkan resiko munculnya jerawat.

Masakan & Hidangan Tinggi Gula

Santapan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula cenderung mengandung glikemik yang tinggi. Makanan dengan kandungan ini biasanya menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin dan meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat.

Bila hal ini terjadi, keumngkinan besar produksi minyak di kulit juga akan ikut meningkat, beberapa jerawat juga akan muncul dengan mudah. Contoh makanannya seperti : nasi putih, permen, pasta mie, kue, dan minuman soda.

Cokelat

Studi dari Cytokine mengatakan bahwa cokelat bisa membuat kondisi kulit berjerawat semakin parah dan banyak. Hal ini karena cokelat dapat meningkatkan pelepasan protein interleukin-1B dan IL-10. Proses ini yang akan membuat bakteri jerawat dapat menginfeksi kulit nantinya.

Mulai sekarang, atur pola makan sehat

Itulah macam jenis makanan yang bisa memunculkan si jerawat. Kamu bisa mencoba mulai mengganti beberapa makanan diatas dengan makanan yang tinggi akan serat seperti sayur, kacang – kacangan, serta tinggi akan asam lemak omega-3 seperti salmon. Semoga ilmunya bermanfaat ya sobat Thabby !

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

10 comments

    aber ich mag schokolade, wie mache ich das?

      Sie können damit beginnen, die Portion langsam und konsequent zu reduzieren, hoffentlich ist es nützlich 🙂

    tapi saya makan ayam goreng setiap hari kok enggak bosan bosan ya ? padahal ada lemak jenuh nya

      tidak baik ya kak mengonsumsi secara tiap hari, karena kadar lemak sama kolesterol akan menaikkan resiko penyakit jantung. baiknya dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang yaa 🙂

    ini produk yg pernah di endorse sama anya geraldine, cut meriska, sama dinar candy itu kan ya ?

    thx for info nya yah ..

Leave a Reply

posting terkait

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Translate »