Skip to content

Kandungan Pencegah Penuaan Dini

Berikut ini adalah beberapa kandungan skincare yang mampu untuk mencegah penuaan dini.

Nomor 2 lagi ramai banget! Berikut informasinya yang telah dirangkum oleh kami, Cekidot.

Kandungan Pencegah Penuaan Dini. Berdasarkan penelitian dari sebuah studi, mengatakan bahwa tubuh akan kehilangan 1 % produksi kolagen menjelang usia 25 tahun ke atas. Hal ini menyebabkan kulit akan terasa lebih tipis, rapuh, bahkan sampai terhambatnya proses regenerasi kulit.

Untuk mencegah tampilan kulit yang kurang sehat karena hal tersebut, sekarang telah banyak sekali produk skincare di pasaran yang memiliki anti – aging dengan berbagai macam kandungan.

Teruntuk kamu yang akan menggunakan produk skincare ini, berikut adalah beberapa kandungan yang diklaim mampu untuk mencegah tanda penuaan dini. Yuk simak dibawah ini.

Vitamin C

Vitamin C

Kandungan vitamin C ini tidak hanya berperan sebagai mencerahkan kulit saja, tetapi banyak manfaat yang lainnya seperti berfungsi untuk merawat tanda – tanda penuaan terhadap kulit.

Penggunaan skincare yang mengandung vitamin C ini dapat merangsang produksi kolagen sehingga tampilan kulit akan lebih lembap, kencang, serta asing dari yang namanya keriput.

Jika kamu menggunakan produk skincare yang mengandung kandungan ini, wajib dan harus bagi kamu untuk tetap menggunakan sunscreen di pagi hari sebelum beraktivitas ya.

Retinol

Retinol

Selanjutnya adalah kandungan yang hadir dengan cukup ramai dan populer di beberapa tahun terakhir ini. Yap benar sekali, kandungan tersebut adalah retinol. Salah satu zat aktif turunan dari vitamin A yang diklaim sebagai standard emas dari sebuah perawatan kulit anti – aging.

Dahulu kala, skincare yang mengandung kandungan ini disebut sebagai salah satu faktor yang membuat kulit menjadi sensitif. Dan untuk saat ini sudah banyak skincare dengan kandungan ini yang diformulasikan sehingga efek dari kandungan tersebut tidak terlalu keras pada kulit.

Manfaat dari pemakaian skincare ini adalah mencegah garis halus, mencerahkan kulit, mencegah penyebab jerawat, juga membuat kulit menjadi lembap.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid

Salah satu kandungan aktif yang sering dipakai pada skincare guna melembapkan kulit yaitu adalah Hyaluronic Acid. Memiliki peran sebagai pembungkus air pada jaringan kulit sehingga kulit tetap lembap dan kencang. Ketika kulit terhidrasi dengan baik, maka tampilannya pun juga akan menjadi lebih segar dan awet muda.

Memiliki banyak manfaat bagi kulit, di antaranya seperti : membuat kulit lebih sehat, melembapkan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi munculnya kerutan, serta membantu meregenerasi kulit.

Argireline

Argireline

Merupakan bahan sintetik yang berperan untuk mengurangi kerutan di wajah yang terjadi karena proses penuaan. Dikenal juga dengan nama ilmiah Asetil Heksapeptida-3. Terbuat dari rantai asam amino yang dapat mempengaruhi kinerja sel.

Saat diaplikasikan terhadap kulit, kandungan ini akan bekerja dengan cara mencegah kontraksi otot. Karena otot tidak mudah kontraksi, kulit yang ada di permukaan pun juga akan menjadi lebih halus dan tidak berkeriput.

Menjadi produk alternatif dari sebuah tindakan injeksi toksin botulinum, apalagi bagi mereka yang tidak suka dengan jarum suntik. Dalam penelitian yang sudah dilakukan, argireline diklaim cukup efektif.

Dengan konsentrasi 5% saja dapat mengurangi kerutan di sekitar area mata sebanyak 15% dengan pemakaian selama 15 hari serta perbaikan hingga 27% setelah pemakaian 30 hari.

Bakuchiol

Bakuchiol

Salah satu kandungan skincare yang juga sedang naik daun. Diklaim bisa menjadi alternatif retinol yang lebih aman karena tidak berisiko mengiritasi kulit. Berasal dari kandungan fenol yang bisa ditemukan di daun tumbuhan Psoralea corylifolia.

Senyawa ini bekerja dengan cara meningkatkan kadar kolagen dan elastin, yang mana kolagen berperan untuk menjaga kulit agar tetap kencang. Sementara, elastin berperan memberikan kelenturan pada kulit. Riset dari International Journal of Cosmetic Science, pemakaian senyawa ini selama 12 minggu dengan kadar 0,5 % dapat mengurangi garis halus dan kerutan.

Memiliki manfaat yang lain seperti : menjaga kelembapan kulit, mengurangi bintik hitam, mengurangi jerawat, serta menenangkan kulit.

Ceramide

Ceramide

Golongan asam lemak yang biasanya dicampurkan dalam berbagai produk perawatan kulit ataupun skincare. Dalam aspek perawatan kulit, ceramide lebih berperan untuk mengunci kelembapan kulit sehingga bisa menjauhkan dari yang namanya kekeringan serta iritasi pada kulit.

Ceramide pun diklaim mampu melindungi lapisan epidermis kulit dari kerusakan yang berasal dari luar tubuh. Saat akan memilih produk ini, pastikan beberapa hal terlebih dahulu seperti : menyesuaikan dengan jenis kulit, memilih kemasan yang kedap udara, melakukan tes untuk cek reaksi kulit, serta mengenali berbagai jenis ceramide.

Bisa menenangkan kondisi kulit – kulit tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Studi analitis dari Skin Pharmacology and Physiology menyebutkan bahwa penderita eksim atau psoriasis memiliki kadar ceramide pada kulit yang cenderung lebih rendah.

Avobenzone

Avobenzone

Bahan utama dalam tabir surya atau sunscreen yang diklaim mampu menyerap sinar UV dan dianggap sebagai bahan kimia yang relatif aman. Dengan tidak terpapar secara langsung sinar matahari, tentunya kulit kita juga akan terhindar dari tanda – tanda penuaan dini.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai kandungan pencegah penuaan dini yang cocok di aplikasikan untuk di semua jenis kulit.

Karena kamu sudah tahu berbagai macam informasinya, pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan untuk memilih produk anti – aging. Semoga artikelnya bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

12 thoughts on “Kandungan Pencegah Penuaan Dini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate ยป