Skip to content

Langkah Menangani Kulit Kusam

Langkah menangani kulit kusam. Bagi sebagian masyarakat, dengan berubahnya kulit mereka yang awalnya sehat menjadi kusam dapat menurunkan rasa percaya diri. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut.

Mengapa ? karena di pembahasan kali ini yaitu berupa beberapa hal yang dapat kamu lakukan guna mengatasi kulit wajah yang kusam kembali cerah bersinar. Kulit wajah yang kusam merupakan salah satu indikator dari kebersihan kulit wajah yang tidak maksimal.

Dilain itu bisa juga karena adanya perubahan hormon, faktor iklim, bahkan sampai ketidakcocokan produk perawatan skincare.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Jauhi rokok

Jauhi rokok

Studi analitis dari University of Bristol pada tahun 2022 menyebutkan bahwa wajah seseorang perokok aktif mempunyai kulit dan wajah yang terlihat lebih tua dari usia seharusnya. Terdapat beberapa macam gejalanya diantara lain seperti : kulit menjadi kusam, warna kulit menjadi belang, hingga munculnya berbagai macam keriput.

Mengapa demikian ? hal ini terjadi karena zat yang terdapat di dalam rokok diklaim mampu mengurangi aliran darah terhadap kulit wajah sehingga mampu mengurangi produksi kolagen. Untuk itu cobalah untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok dari sekarang.

Aplikasikan sunscreen

Aplikasikan sunscreen

Paparan sinar matahari terhadap kulit juga bisa menjadi salah satu dari sekian banyaknya penyebab kulit menjadi kusam. Oleh karena itu, kamu harus selalu dan wajib untuk mengaplikasikan produk sunscreen sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Terdapat berbagai macam jenis dan varian produk ini, kamu bisa menyesuaikannya.

Mulai dari SPF (Sun Protection Factor) hingga PA (Protection Grade of UVA). Kamu bisa mencoba untuk menggunakan sunscreen ber SPF 30 atau lebih jika akan beraktivitas di luar ruangan atau outdoor bahkan ketika cuaca sedang mendung.

Kamu dapat mengaplikasikan produk sunscreen kembali setiap antara 2 – 3 jam sekali jika dirasa perlu, agar kulit kamu senantiasa aman dan tetap terlindungi.

Aplikasikan pola hidup sehat

Aplikasikan pola hidup sehat

Cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan lakukan olahraga secara konsisten. Ubah pandangan kamu bahwa mengonsumsi sayuran dan buah – buahan menjadi menu pangan wajib harian serta jadikan juga olahraga suatu aktivitas rutin yang wajib kamu jalankan setiap harinya.

Gunakan skincare yang sesuai

Gunakan skincare yang sesuai

Pemakaian produk perawatan kulit dengan berbagai macam jenis kandungan yang berbeda diklaim justru malah akan mendatangkan berbagai macam masalah kulit seperti iritasi.

Salah satu contohnya yaitu jika kandungan asam yang berada dalam asam salisilat serta asam glikolat dari satu produk mampu merusak vitamin A ataupun retinol dari suatu produk skincare jika digunakan pada waktu yang sama.

Maka dari itu, kamu harus bersabar untuk menggunakan produk skincare untuk melihat sebuah hasil akhirnya. Karena semua produk perlu membutuhkan waktu tertentu agar hasil efek pemakaiannya terlihat dengan sempurna. Berikut ini mungkin bisa menjadi acuan kamu untuk penggunaan produk skincare untuk mencegah kulit menjadi kusam yang bisa dilakukan.

  1. Gunakan produk yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kamu, dari segi jenis kulit dan budget.
  2. Aplikasikan pelembap dan sunscreen setiap harinya secara konsisten.
  3. Selalu bersihkan wajah setiap kali sehabis beraktivitas seharian dengan maksimal.
  4. Sebisa mungkin untuk hindari penggunaan makeup bersama untuk meminimalisir bakteri.
  5. Eksfoliasi setiap minggunya, tentunya mengikuti jenis kulit masing – masing untuk batas pengaplikasiannya.
  6. Mencuci muka dengan sewajarnya saja, tidak lebih dari 2 kali dalam sehari.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup

Mencukupi waktu beristirahat adalah salah satu hal simpel yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menjalankan tidur berkualitas teratur selama 7 – 9 jam perhari sehingga pembentukan hormon yang mendorong pergantian sel – sel tubuh serta produksi kolagen pada kulit berjalan secara optimal.

Apabila kamu kurang tidur, nantinya proses pergantian sel dan produksi kolagen pada kulit akan menjadi terhambat. Meskipun demikian, perlu diingat juga bahwa kebanyakan tidur juga tidak baik bagi kesehatan kulit.

Hindari stres

Hindari stres

Mengendalikan stres dengan baik. Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon yang nantinya dapat menyebabkan kulit wajah menjadi nampak kusam. Oleh karenanya, penting sekali bagi kamu untuk mencoba dengan baik mengelola stres.

Kamu dapat mencoba menjalani relaksasi, meditasi, hingga melakukan berbagai suatu hal yang positif. Jika pada akhirnya semua cara sudah kamu coba lakukan tetapi tidak kunjung membawa perubahan hasil yang baik. Kamu bisa berkonsultasi kepada ahlinya untuk mendapatkan perawatan kulit yang tepat.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang langkah menangani kulit yang semakin kusam. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

10 thoughts on “Langkah Menangani Kulit Kusam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate ยป