Skip to content

Manfaat Chamomile Untuk Wajah

Diklaim memiliki aroma yang digadang – gadang mampu membantu mengurangi rasa gelisah

Manfaat chamomile untuk wajah. Merupakan tumbuhan musiman yang berasal dari famili bunga matahari asteraceae. Hadir dengan mengemban berbagai macam peran, diantaranya untuk meredakan sakit perut, obat tidur, sampai radang pada usus.

Bunga ini juga terkenal sebagai teh herbal, mampu berfungsi sebagai pembersih mulut serta dapat mengatasi mukositis, yaitu merupakan sebuah penyakit pada membran mukosa. Terdapat komposisi zat aktif dari minyak bunga chamomile yang bernama bisabolol. Selain itu juga ada zat aktif lainnya berupa flavonoid sampai chamazulene.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cekย disiniย ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Membuat kulit sensitif menjadi tentram

Membuat kulit sensitif menjadi tentram

Jika kamu adalah si pemilik kulit sensitif, kamu bisa mencoba untuk melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan bunga chamomile ini. Mengapa ? karena pengaplikasian bahan ini diklaim efektif guna mengatasi problematika kulit sensitif.

Diantaranya seperti : kulit menjadi gatal, kering, ruam, bruntusan, hingga rasa terbakar dan perih. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dari efek anti inflamasi yang terdapat didalam bunga ini sehingga kulit kamu menjadi tenang.

Meredakan jerawat

Meredakan jerawat

Tidak hanya sebagai penenang bagi kulit sensitif saja, benefit lainnya yang diberikan oleh bunga ini untuk wajah yaitu berupa mengobati jerawat.

Chamomile bekerja dengan upaya membasmi bakteri, meredakan hiperpigmentasi, memudarkan bekas jerawat, bahkan sampai mempercepat proses regenerasi dari sel kulit. Dengan begitu, nantinya kulit kamu akan menjadi lebih sehat serta terbebas dari yang namanya jerawat.

Menunda penuaan dini

Menunda penuaan dini

Bunga ini mengandung sebuah antioksidan yang berjenis polifenol serta fitokemikal. Yang dimana antioksidan bagi kulit mampu menunda atau memperlambat penuaan dini dengan upaya mempercepat proses regenerasi kulit dan mampu melindungi kulit dari sebuah kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.

Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit

Pemakaian produk kecantikan skincare yang bertujuan untuk mencerahkan kulit mampu didapatkan dari sebuah chamomile ini yang berguna untuk mengatasi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi itu sendiri merupakan kondisi kulit yang dimana memiliki area lebih gelap daripada area lainnya yang diakibatkan karena produksi hormon melanin berlebih.

Secara umum, kondisi seperti ini awal mulanya terjadi akibat adanya suatu peradangan kulit atau cedera. Contohnya seperti : sunburn ataupun bekas jerawat. Chamomile diklaim memiliki kandungan astringent dan kandungan pencerah lainnya untuk menghaluskan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, sampai mengencangkan pori – pori.

Meredakan peradangan kulit

Meredakan peradangan kulit

Dapat mengurangi dan meredakan kerusakan DNA kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV secara terus menerus. Hal ini dapat teratasi karena adanya zat anti radang yang berfungsi untuk melindungi kulit dengan upaya menghambat peradangan dari berbagai macam faktor.

Selain itu, kandungan berjenis apigenin yang terdapat di dalamya juga mampu menghambat munculnya senyawa penyebab munculnya peradangan. Kamu bisa mencoba untuk mengompres kulit menggunakan teh chamomile dingin untuk meredakan kondisi tersebut.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur kamu hingga meredakan stres, bunga chamomile ini juga baik bagi aspek kesehatan dan kecantikan kulit.

Akan tetapi, kamu harus perlu mengetahui bahwa penelitian studi mengenai manfaat bunga ini sangatlah masih terbatas dan sedikit. Terlebih, untuk beberapa kasus mungkin masih di uji coba terhadap hewan guna mengetahui keefektifannya tersebut.

Terdapat dua jenis bunga chamomile, berupa chamomile jerman dan romawi. Untuk perawatan wajah, chamomile jerman lah yang paling umum untuk digunakan, karena memiliki kandungan senyawa kimia yang lebih tinggi daripada romawi.

Berbagai macam bentuk mulai dari minyak, teh, hingga ekstrak seperti serum, masker, hingga scrub yang mampu kamu jumpai. Seperti biasanya, apabila perawatan kulit kamu tidak kunjung membawa perubahan yang baik alangkah lebih baik untuk segera membawa kepada dokter guna mendapat penanganan yang tepat.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang menfaat dari bunga chamomile untuk wajah. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

16 thoughts on “Manfaat Chamomile Untuk Wajah”

  1. Bisa jadi alternatif nih saat berhenti sejenak minum kopi. Soalnya hobi banget ngopi. Suka teh chamomile karena memang wangi tehnya harum ya jadi bikin rileks ๐Ÿ˜€

  2. aku baru tau loh teh ini bisa memudahkan tidur. keknya bisa saya pakai teh nya buat bikin anak cepat ngantuk biar saya bisa leluasa bekerja, hahhaha.. :))

  3. Aku belum pernah minum teh ini, biasanya selalu ada di drama kore ya. Biasanya cuma teh melati dan teh hijau. gak pake gule pait gak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate ยป