Skip to content

Mengenal Penyebab Flek Hitam

Mengenal penyebab flek hitam. Saat ketika kamu sedang berkaca pada cermin, apakah kamu nampak sesuatu yang aneh pada wajah kamu ? Mungkin seperti bintik – bintik hitam kecil ? Kalau memang benar, mungkin saja itu adalah sebuah flek hitam.

Flek hitam atau dikenal dengan istilah ephelis merupakan bintik kecil di kulit yang berwarna cenderung lebih gelap daripada area di sekitarnya. Pada umumnya akan muncul di wajah, tetapi selain itu juga mampu hadir di tubuh bagian lain seperti : punggung tangan, dada, bahu, leher, bahkan sampai area lengan.

Walaupun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena kondisi ini umum terjadi dan tentunya tidak membahayakan. Flek hitam adalah kondisi normal dan dapat terjadi kepada siapa saja, terlebih lagi untuk yang berkulit cerah. Mengapa demikian ? hal ini terjadi akibat adanya peningkatan produksi pigmen melanin.

Sering terjadi karena akibat paparan sinar UV, efek samping obat – obatan tertentu, hingga beberapa kondisi kulit tertentu.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Penyebab

Paparan Sinar UV

Paparan Sinar UV

Merupakan salah satu dari sekian banyaknya faktor yang sangat populer yaitu paparan sinar UV yang berlebihan. Sinar UV mampu meluncurkan radiasi UVA dan UVB terhadap kulit yang mampu menyebabkan dampak buruk bagi kulit nantinya.

Seperti merangsang produksi melanin yang merupakan pigmen pemberi warna pada kulit secara berlebih. Alhasil, kulit mengalami hiperpigmentasi yang membuat kulit menjadi lebih gelap dibandingkan dengan area yang lainnya. Inilah yang menyebabkan munculnya flek hitam ke permukaan kulit.

Efek Samping Obat Tertentu

Efek Samping Obat Tertentu

Pada faktanya, dengan kamu mengonsumsi obat – obatan tertentu juga mampu mendatangkan flek hitam. Hal ini dapat terjadi karena membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Macam jenis obat – obatan yang diklaim bisa memberikan dampak flek hitam diantaranya : tetrasiklin, fenotiazin, sampai sulfonamida.

Genetik

Genetik

Pigmentasi dapat dipengaruhi karena faktor keturunan juga. Disebutkan bahwa penyebab karena faktor genetik memiliki persentase sekitar 20 – 70 persen. Faktor ras juga mempengaruhi munculnya sebuah flek hitam tersebut.

Flek hitam bisa kamu temukan kepada seseorang yang terdapat keturunan hispanik serta golongan kulit berwarna hitam. Bintik hitam ini juga terjadi kepada orang tua, bintik – bintik ini juga dikenal dengan nama age spots atau liver spots.

Jadi, jika kamu mempunyai bintik hitam di wajah, bisa jadi kamu memiliki genetik turunan dari orang tua ataupun kakek nenek.

Hormon

Hormon

Perubahan hormon estrogen merupakan kondisi dimana yang cukup sering ditemukan ketika wanita saat sedang menstruasi maupun hamil.

Dengan meningkatnya hormon di tubuh ini akan mempengaruhi suatu produksi melanin pada kulit sehingga flek hitam bermunculan di permukaan kulit. Beberapa hormon lainnya yaitu seperti progesteron dan hormon perangsang melanosit.

Peradangan

Peradangan

Peradangan mampu menyebabkan kondisi seseorang mengalami kejadian munculnya sebuah flek hitam pada wajah. Selain karena hal itu, jerawat, eksim, alergi, hingga cedera juga mampu meninggalkan bekas bintik hitam.

Jika terdapat luka hingga kulit mengalami radang, pada saat sembuh kulit akan kelebihan melanin sehingga mampu menggelapkan kulit. Semakin buruknya sebuah peradangan akan semakin besar juga dan semakin gelap bintik hitam yang didapatkan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang mengenal penyebab flek hitam. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

12 thoughts on “Mengenal Penyebab Flek Hitam”

    1. untuk mendapat penanganan dengan baik dan tepat, bisa dikonsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya ya ka. terimakasih & semoga membantu ๐Ÿ™‚

    1. untuk informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, alangkah baiknya dikonsultasikan terhadap ahlinya ya ka. semoga bermanfaat & terimakasih ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate ยป