Skip to content

Metode Pemakaian Body Lotion

Seberapa penting pemakaiannya ? Apakah memberikan efek yang signifikan ? Dan seberapa sering harus digunakan ?

Metode pemakaian body lotion. Pemakaian body lotion merupakan salah satu aturan yang cukup penting untuk ditambahkan ke dalam rutinitas skincare bagi sebagian besar kaum masyarakat.

Seperti halnya dengan produk perawatan kulit lainnya, pastinya ada suatu cara atau tata krama aturan pemakaian yang perlu kamu ikuti guna mendapatkan profit dan benefit dari produk ini. Apa saja itu ? simak berikut informasi yang telah dirangkum oleh kami, cekidot.

Cara Kerja

Cara Kerja

Hadir dengan mengemban peran untuk melembapkan kulit dengan berbagai macam cara. Pertama, kandungan minyak yang terdapat di dalamnya akan bertugas menarik air ke permukaan kulit. Saat dioleskan, minyak yang ada dalam lotion akan berinteraksi dengan protein khusus yang nantinya bertujuan untuk membuat kulit kamu terasa menjadi halus.

Kedua, produk ini mengandung bahan yang dikenal dengan nama zat oklusif. Bertugas dengan membentuk pelindung untuk mencegah hilangnya air dari kulit. Apabila semakin sering diaplikasikan, zat oklusif akan terus menjaga kulit kamu agar tetap lembap.

Bahan zat oklusif diantaranya seperti : petrolatum, minyak meneral, serta dimethicone. Merupakan bahan – bahan yang sering digunakan juga dalam produk pelembap kulit, baik untuk kulit wajah ataupun seluruh tubuh. Ketiga, dilengkapi dengan humektan dan emolien.

Humektan bertugas menarik air dengan tujuan akhir ke kulit, dan emolien bertugas untuk memperbaiki permukaan kulit yang kasar, kering, iritasi, dan bersisik. Perlu dipastikan juga bahwa hand body dan body lotion sangat berbeda dengan lotion yang digunakan untuk wajah.

Apakah Boleh Untuk Wajah ?

Apakah Boleh Untuk Wajah ?

Perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa kulit wajah lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Maka sudah menjadi hal yang wajar jika body lotion tidak dianjurkan untuk pemakaian pada kulit wajah. Mengapa ? karena tentu bahan – bahan yang terkandung tidak diformulasikan untuk pemakaian kulit wajah.

Body lotion umumnya diformulasikan ke arah lebih berat serta berminyak. Hal ini berfungsi untuk melembapkan kulit badan yang tebal dan kering. Dan kulit wajah kita tidak membutuhkan hal yang seperti itu.

Selain itu, produk yang beredar di pasar juga kebanyakan ditambahkan zat pewarna serta pewangi yang apabila digunakan pada kulit wajah akan menimbulkan iritasi.

Karena produk yang tidak sesuai juga akan menyebabkan berbagai macam masalah. Ada baiknya kamu untuk tidak memakai body lotion di wajah, gunakan lotion wajah atau pelembap sesuai jenis kulit.

Waktu Terbaik

Waktu Terbaik

Body lotion akan bekerja secara maksimal pada saat setelah kamu mandi. Ini disebabkan oleh kulit kamu yang masih lembap sehingga mampu menyerap bahan lotion dengan baik. Dengan pemakaian lotion di kondisi seperti ini saja sebenarnya sudah cukup untuk menjaga kulitmu beraktivitas seharian penuh.

Tetapi jika kulit kamu kering, kamu bisa aplikasikan pada saat kulit terasa kering. Golden hour atau waktu terbaik lainnya diantara lain seperti : sebelum olahraga, setelah bercukur, sebelum tidur, serta setelah mencuci tangan.

Kandungan Lotion Yang Perlu Dihindari

Kandungan Lotion Yang Perlu Dihindari

Faktanya, ada beberapa kandungan body lotion yang tidak baik untuk kesehatan kulit tubuh, diantaranya seperti :

Butylated hydroxyanisole

Sebagai pengawet, penstabil, bahkan wewangian pada kosmetik. Dalam studi analitis National Toxicology Program dikatakan bahwa kandungan ini bisa berpotensi mengganggu sistem hormon bersifat karsinogenik yaitu meningkatkan risiko kanker.

DMD hydantoin

Sejenis pengawet yang mengandung formalin. Dapat mengiritasi mata serta menimbulkan ruam pada kulit. Pada beberapa kasus, DMD juga diduga meningkatkan alergi pada kulit dan kanker kulit sekalipun bukan karsinogen.

Diethyl phthalate

Bisa menjadi racun bagi sistem hormon. Dapat memancarkan senyawa organik yang mudah menguap dan mudah mencemari udara. Berpotensi juga untuk menyebabkan reaksi alergi dan kambuhnya asma.

Retinyl palmitate

Dilaporkan ada risiko pertumbuhan tumor pada hewan yang terpapar retinyl palmitate dan sinar UV. Apabila kamu ingin memakai body lotion dengan zat ini, para ahli menyarankan digunakan pada saat malam hari saja.

Triethanolamine

Tidak baik untuk digunakan dalam jangka panjang. Mengapa ? karena disinyalir dapat menyebabkan iritasi kulit serta meracuni sistem kekebalan tubuh pada hewan percobaan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan untuk kalian mengenai seputar metode pemakaian body lotion. Semoga informasinya berguna dan bermanfaat, kurang lebihnya mohon dimaklumi. Sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

10 thoughts on “Metode Pemakaian Body Lotion”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate ยป