Skip to content

Penyebab Kulit Menjadi Kusam

Penyebab kulit menjadi kusam. Apakah kamu termasuk orang – orang yang suka tidur larut malam ? Bahkan bisa tidur pada pagi hari ? Jika memang benar, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menghentikannya.

Mengapa ? karena banyak dampak negatif yang mengintai kesehatanmu. Mau tahu apa saja ? Simak selengkapnya disini, cekidot.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cekย disiniย ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Sering begadang

Sering begadang

Mulai sekarang, usahakan untuk menjaga pola tidur dengan baik biar kulit kamu tidak menjadi kusam. Ketika kulit memiliki jam tidur yang bisa dibilang kurang, biasanya akan menginformasikan melalui warna kulit yang menjadi tidak cerah hingga kusam.

Hal ini nantinya bisa menyebabkan risiko terkena peradangan kulit, oleh karena itu setidaknya cukupi kebutuhan tidur berkisar 7 – 9 jam setiap harinya. Tidak sampai situ saja, beberapa akibat lainnya mengintai kulit wajah kamu seperti : membuat wajah menjadi terlihat lebih tua, memunculkan jerawat, sampai menimbulkan kantung mata.

Kulit wajah yang kusam terjadi karena sering begadang adalah akibat dari sedikitnya aliran darah pada kawasan wajah. Dengan mencukupi kebutuhan istirahat akan memperlancar peredaran darah terhadap kulit. Cukupi juga dengan kolagen dan asam hialuronik yang memiliki peran guna mempertahankan kecerahan kulit.

Kurang asupan vitamin D

Kurang asupan vitamin D

Vitamin D nyatanya berkontribusi penting dalam berbagai macam sektor kesehatan, salah satunya kulit. Memiliki kinerja guna sebagai penghalang kulit dan pertumbuhan sel kulit, juga mampu mengontrol sistem kekebalan pada kulit. Mengonsumsi vitamin ini juga diklaim efektif untuk mengatasi kulit kering, gatal, hingga eksim.

Keistimewaan dari vitamin D lainnya yakni menyokong pertumbuhan atau penyerapan kalsium yang ada dalam tubuh guna pembentukan kepadatan sebuah tulang. Jika kurang terjaga, ditakutkan osteoporosis akan bermunculan.

Sederet masalah yang mampu muncul ketika kamu kekurangan asupan berupa vitamin D yang wajib diketahui dan diwaspadai. Diantara lain : tulang dan gigi menjadi rapuh, gangguan reproduksi, meningkatkan risiko depresi, mudah lelah, penyakit jantung, hingga kekebalan tubuh melemah.

Jarang mengganti sprei

Jarang mengganti sprei

Setiap hari sudah melakukan perawatan skincare dengan baik dan benar, tetapi kulit wajah masih seringkali menjadi berjerawat dan kusam ? Bisa jadi karena kamu jarang mengganti sprei. Bagaimana bisa ? Setiap harinya tubuh akan melepaskan berkisar 25.000 sel kulit mati pada saat beristirahat.

Yang dimana akan dikonsumsi oleh tungau debu tak kasat mata, setidaknya ganti sprei dalam satu minggu sekali. Beragam jenis dampak negatif yang bisa kamu dapatkan jika jarang melakukan ganti sprei. Yakni dimulai dari munculnya jerawat, infeksi jamur & bakteri, mengiritasi kulit, hingga memunculkan alergi.

Efek samping blue light

Efek samping blue light

Sebuah studi analitis dari Harpers Bazaar pada tahun 2020 menyebutkan bahwa dengan terkena paparan sinar blue light nyatanya mampu membuat kulit menjadi kusam, kering, memiliki kerutan, sampai flek hitam.

Paparan dari blue light ini sendiri yang dihasilkan dari perangkat gadget dinilai efektif guna menembus kulit lebih dalam dibandingkan sinar UV. Kinerja yang dilakukan yakni berupa membasmi kolagen melalui perantara stres oksidatif.

Adanya reaksi yang berlangsung menyebabkan molekul oksigen menjadi kurang stabil, sehingga membuat radikal bebas merusak kulit. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Karena dengan menggunakan sunscreen, serum, sampai produk kaya antioksidan digadang – gadang ampuh guna mengatasi permasalahan kulit yang disebabkan oleh blue light.

Mengonsumsi makanan kurang sehat

Mengonsumsi makanan kurang sehat

Mencukupi kebutuhan istirahat, air putih, hingga pemakaian sunscreen adalah cara umum yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah bersinar. Akan lebih baik lagi jika diselingi dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Beberapa faktor yang membuat kulit kusam seperti hormon, gaya hidup, makeup, hingga cuaca tidak menentu. Adapun datang dari sektor makanan seperti : hidangan manis, tinggi akan garam, dan makanan lemak jenuh.

Menyantap gula secara berlebihan bisa membuat kerutan pada wajah, jerawat, serta kemerahan. Dan jika memakan asupan makanan tinggi garam akan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Begitu juga dengan makanan lemak, bisa menganggu sirkulasi darah yang ada dalam tubuh termasuk kulit sekalipun.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang penyebab kulit menjadi kusam. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

10 thoughts on “Penyebab Kulit Menjadi Kusam”

    1. buat kulit kering, kulit kusam, kulit kombinasi bisa ya ka. atau mau konsultasi terlebih dahulu juga bisa ya ka, terimakasih & semoga membantu ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Kesehatan
admin

Urutan Pemakaian Pore Treatment

Urutan pemakaian pore treatment. Pori yang menjadi membesar atau tersumbat bisa menjadi masalah terhadap kulit. Cara mengatasi ini, banyak produk perawatan pori – pori hadir

Read More ยป
Produk
admin

Cara Memilih Beauty Products

Cara memilih beauty products. Dimasa kecantikan yang berjalan kencang ini, sektor pasar dilengkapi dengan berbagai macam produk kecantikan yang memberikan solusi untuk beragam jenis kebutuhan.

Read More ยป
Skincare
admin

Skincare Routine Awet Muda

Skincare routine awet muda. Pentingnya menjaga kesehatan kulit tidak hanya sekedar berfokus pada penampilan fisik saja, akan tetapi juga berpengaruh pada kesejahteraan dan kepercayaan diri.

Read More ยป
Translate ยป