Lompat ke konten

Penyebab Kulit Semakin Berminyak

Apakah masih sering kamu lakukan ?

Penyebab kulit semakin berminyak. Diperlukan produk skincare yang cocok bagi kulit wajah kamu agar senantiasa tetap sehat. Tapi, mengapa saat kita sudah menggunakan semua produk skincare malah membuat kulit semakin lebih berminyak ?.

Selain dari produk yang tidak cocok, ternyata beberapa kebiasaan ini juga bisa menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah rangkuman dari kami mengenai beberapa kebiasaan yang bisa membuat kulit kamu semakin berminyak tanpa kamu sadari dan mungkin kamu anggap hal yang sepele. Apa saja itu ? Cekidot.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Studi analitis dari Universitas Airlangga mengatakan bahwa apabila kamu mencuci muka dengan terlalu sering, wajah akan kehilangan minyak alaminya. Saat lapisan minyak tersebut hilang, maka beberapa produk skincare yang seharusnya tidak terserap dan tertahan oleh minyak, malah ikut masuk ke dalam pori – pori.

Sehingga nantinya akan dapat menyebabkan alergi, iritasi, serta ruam pada wajah. Selain itu kulit kamu akan menjadi kering dan pH dalam kulit akan mengalami perubahan. Ada baiknya kegiatan ini dilakukan dua kali sehari yaitu pada saat pagi hari serta malam hari sebelum beristirahat.

Tidak Menggunakan Pelembap

Tidak Menggunakan Pelembap

Ada banyak pelembap wajah di pasaran yang di formulasikan khusus untuk kulit berminyak. Karakteristik produk ini biasanya ringan, cepat menyerap, serta tidak membuat kulit terasa licin. Ada tiga sifat utama yang baik untuk pelembab wajah, yaitu : Oklusif, Humektan, dan Emolien.

Oklusif berperan sebagai menjaga kelembapan, contoh kandungannya seperti : petrolatum, parafin, qualene, serta minyak mineral yang biasanya cukup berminyak. Selanjutnya ada humektan, berperan untuk menjaga kelembapan kulit dengan cara menarik air dari lapisan bawah dermis ke epidermis paling luar.

Contoh kandungannya seperti : gliserin, natrium laktat, amonium laktat, asam hialuronat, sorbitol, urea , dan asam alfa hidroksi yang semuanya cocok bagi orang si pemilik kulit berminyak.

Yang terakhir ada emolien, berperan menghaluskan kulit dengan mengisi ruang di antara serpihan di lapisan luar epidermis yang berkerak dengan minyak.

Ceramide adalah emolien yang kurang berminyak, dan asam stearat, linoleat, oleat adalah emolien yang lebih berminyak. Hindari pelembap yang mengandung cocoa butter, minyak mineral, serta petrolatum dengan wewangian yang cenderung keras terhadap kulit. Gunakan pelembap berbahan dasar air serta yang memiliki label oil free dan non comedogenic.

Mengonsumsi Junk Food

Mengonsumsi Junk Food

Junk food mengacu pada makanan minim nutrisi yang terlalu banyak kalori, garam, gula, dan lemak. Contohnya seperti : roti, sereal, gorengan, dan keripik. Memiliki dampak bahaya untuk kesehatan seperti : mengganggu kesehatan jantung dan stroke, meningkatkan tekanan darah tinggi, diabetes, dan masih banyak lagi.

Hal ini nantinya dapat menyebabkan kulit kamu berminyak karena kelenjar sebum yang ada pada kulit akan didorong untuk memproduksi minyak yang lebih banyak. Dengan minyak yang berlebihan, kulit wajah kamu selanjutnya akan cepat kotor dan semakin terlihat kusam.

Imbangi asupan gizi kamu dengan mengonsumsi buah serta sayur dan minum air putih dengan cukup. Selain itu ada beberapa manfaat baik yang kamu dapatkan jika berhenti mengonsumsi junk food. Diantaranya seperti : kulit menjadi lebih cerah, bentuk tubuh semakin ideal, serta terhindar dari penyakit.

Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi Berlebihan

Meskipun eksfoliasi wajah sangat penting sekali guna mematikan sel kulit mati di wajah. Tapi harus tetap ada batasannya ya, jangan berlebihan. Mengapa ? karena apabila kamu melakukannya dengan sering, itu akan membuat kulit semakin berminyak. Hal ini terjadi dikarenakan kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak merespon situasi tersebut sebagai situasi darurat.

Informasi di atas adalah beberapa hal yang bisa membuat kulit kamu semakin berminyak tanpa disadari. Baiknya kurangi kegiatan hal – hal di atas, bahkan kalau bisa dihentikan ya. Itu saja dari mimin, semoga informasi dan ilmunya bermanfaat buat Thaby.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
admin

admin

12 tanggapan pada “Penyebab Kulit Semakin Berminyak”

  1. Sebelumnya aku cuci muka 3 kali sehari, tapi jadinya kering banget. Akhirnya aku kurangi jadi 2 kali sehari, dan wajah jadi normal kembali .

  2. ga pernah samsek pake pelembap selama itu. for the first time i tried and literally my skin better than before. thx moisturizer i luv *3

  3. Akhirnya dibahas juga nih tema kulit berminyak, dah ditunggu dari kapan hari. so proud of u mimin, have a great day ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

On Key

Posting Terkait

Kandungan
admin

Spotless Glow Night Cream

Spotless Glow Night Cream. Memiliki manfaat utama sebagai menyamarkan noda hitam pada wajah, membuat kulit menjadi lebih lembab dan lembut, serta senantiasa membuat kulit tetap

Read More ยป
Kandungan
admin

Fungsi Penting Krim Malam

Fungsi penting krim malam. Penggunaan krim malam sebelum tidur dapat membantu kamu mengatasi permasalahan seperti : mencerahkan kulit wajah dan bebas dari noda hitam, mengatasi

Read More ยป
Kandungan
admin

THANA Spotless Glow Toner

THANA Spotless Glow Toner. Berfungsi untuk mengeksfoliasi ringan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati, serta membersihkan pori – pori yang tersumbat dari produksi minyak

Read More ยป
Translate ยป

- DAPATKAN -

PROMO MENARIK
dari kami

BELI DISINI