Skip to content

Perbandingan Sunscreen Dengan Sunblock

Serupa tetapi bukan sejenis

Perbandingan sunscreen dengan sunblock. Hingga saat ini penggunaan sunscreen merupakan suatu tindakan minimal yang wajib kita lakukan guna melindungi tubuh kita melawan paparan sinar UV setiap harinya. Terlebih lagi bagi kalian yang ingin melakukan metode wajah tanpa makeup, yang digunakan hanya sunscreen saja.

Kemudian, sunblock selalu dikaitkan dengan liburan ke luar ruangan seperti pantai atau kegiatan apapun yang pastinya terkena panasnya terik matahari.

Namun dimasa kini sudah bisa dikatakan banyak produk kecantikan skincare yang mengusung konsep mengeluarkan sunblock yang bisa dipakai dalam skincare harian kamu. Yuk mari kita simak apa sebenarnya perbedaan sunscreen serta sunblock yang perlu kamu ketahui. Cekidot.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Perbandingan UVA dan UVB

Perbandingan UVA dan UVB

UVA merupakan sinar UV yang memiliki panjang gelombang paling panjang diantara sinar UV lainnya. Mampu menembus dan menyerap melewati lapisan epidermis sampai ke lapisan dermis. Terpapar sinar UVA dalam kurun waktu yang lama menyebabkan datangnya penuaan dini, noda hitam, bahkan sampai kanker.

UVB merupakan sinar UV yang relatif memilki panjang gelombang lebih pendek dan memiliki tingkat energi yang dihasilkan lebih tinggi. Diklaim mampu merusak lapisan terluar kulit, serta dapat secara langsung merusak DNA. Sinar ini merupakan penyumbang terbanyak penyebab terjadinya kanker kulit.

Terpapar UVB dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit memerah disertai perih, rasa terbakar hingga merusak melanin, dan membuat kulit cenderung lebih gelap.

Perbandingan Sunscreen dan Sunblock

Perbandingan Sunscreen dan Sunblock

Ketika dipandang sekilas mungkin kedua produk ini terlihat sama, tapi faktanya sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan. Sunblock diklaim mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Difasilitasi juga dengan kemampuan dari sunblock yang mampu menangkis sinar UVA dan UVB.

Lalu, sunscreen diklaim mampu hanya sebagai pelindung ringan dari paparan sinar UV. Oleh sebab itu, kebanyakan sunscreen yang ada di pasaran hanya memiliki kandungan UVB.

Walaupun begitu, dengan teknologi yang canggih dimasa sekarang produsen mampu menghadirkan produk sunscreen dengan formula yang lengkap guna memberi perlindungan dari sinar UVA dan UVB.

Perbandingan Kandungan

Perbandingan Kandungan

Pada umumnya, sunscreen mengandung beberapa macam jenis bahan kandungan diantaranya seperti Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.

Serta untuk sunblock pada umumnya memiliki 2 kandungan utama seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Zinc oxide berperan untuk memecah panas sinar UV, membasmi radiasi sinar UV bahkan sebelum mencapai ke permukaan kulit, serta mempunyai kandungan yang berfungi sebagai antiradiasi dan melindungi kulit yang sensitif.

Titanium dioxide merupakan mineral alami yang berperan sebagai reflektif dan kestabilan yang baik sehingga tidak akan terurai dibawah sinar matahari.

Mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung setelah diaplikasikan. Tidak menyumbat pori – pori dan bebas minyak sehingga tidak akan menimbulkan komedo dan jerawat.

Perbandingan Manfaat Keduanya

Perbandingan Manfaat Keduanya

Manfaat dari sunscreen sendiri pun ada beberapa, diantaranya seperti : menghindari wajah dari paparan sinar UV secara langsung, mencegah komedo, mencegah kulit terbakar, mencegah terjadinya penuaan dini dengan minimal sunscreen SPF 30, bahkan sampai mencegah terjadinya kanker kulit yang pastinya dengan bantuan sunscreen yang mengandung perlindungan sinar UVA.

Tidak kalah saing juga, berikut manfaat dari sunblock diantaranya seperti : menangkal efek buruk UVA dan UVB, terbebas dari sunburn, memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit, kulit menjadi awet muda, serta menjaga kelembapan alami kulit.

Lebih Baik yang Mana ?

Lebih Baik yang Mana ?

Kedua produk ini pada dasarnya diformulasikan sama sebagai pencegah efek buruk sinar UV. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan kulit kamu pada saat itu. Apabila aktifitas sehari – hari kamu tidak selalu berada di ruangan outdoor, sunscreen saja sudah cukup.

Sedangkan sebaliknya juga, apabila aktifitas kamu menghabiskan cukup banyak waktu setiap harinya di luar ruangan, kamu bisa mencoba menggunakan sunblock. Pastikan juga untuk memilih SPF yang sesuai dan aplikasikan secara berkala ya.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai seputar perbandingan sunscreen dengan sunblock kepada kalian. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

12 thoughts on “Perbandingan Sunscreen Dengan Sunblock”

  1. jadi dari sepemahaman aku setelah baca, kalau kerjaanku masih kebanyakan indoor daripada outdoor sunscreen aja dah cukup ya, terimakasih

    1. iya ka, sunblock itu lebih direkomendasikan apabila persentase kegiatan maupun aktifitas diluar rumah atau diluar ruangan lebih banyak daripada didalam rumah atau didalam ruangan ya ka. semoga membantu & terimakasih ๐Ÿ™‚

  2. Mau infoin aja buat temen2, dari experience ku yang sudah2 itu hanya pakai sunblock saat lagi liburan ke pantai atau destinasi yang full kena paparan sinar matahari. Selain dari itu pakai tabir surya aja, tinggal di re apply aja sesuai kebutuhan :*

  3. saya menggunakan produk sunscreen yang ber spf 15 kalau tidak 30 saja. karena kalau yang 50 ke atas takut tidak cocok ke kulit hehe

    1. bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya apabila masih ragu buat pemakaian sunscreen dengan SPF berapa nya ya ka terimakasih & semoga membantu ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

posting terkait

Translate ยป