Skip to content
Home » Rugi Untuk Dilewatkan ! Efek Samping Kekurangan Vitamin

Rugi Untuk Dilewatkan ! Efek Samping Kekurangan Vitamin

Efek samping kekurangan vitamin. Vitamin merupakan sekelompok senyawa organik yang mempunyai ukuran kecil serta memiliki peran penting dalam proses metabolisme masing – masing organisme dan tentunya tidak semua vitamin dapat diproduksi oleh tubuh.

Kesimpulannya, vitamin digunakan untuk tubuh agar mampu berkembang dan tumbuh secara normal. Apabila kadar vitamin di dalam tubuh mengalami kekurangan, biasanya akan muncul gejala suatu penyakit.

Meskipun tubuh hanya perlu sedikit vitamin, kalau kebutuhan ini dilewatkan maka metabolisme tubuh akan mengalami malfungsi. Simak rangkuman berikut guna mengetahui informasi selengkapnya, cekidot.

Jika kamu ingin melihat artikel sebelumnya yang sudah kami buat, karena mungkin terasa terlewatkan atau ketinggalan. Bisa langsung cek disini ya, semoga suka dan dapat membantu kalian dengan mudah untuk mengaksesnya.

Vitamin A

Vitamin A

Vitamin yang biasanya dikenal dengan nama lain retinol ini merupakan vitamin yang berkontribusi dalam pembentukkan fotoreseptor atau indra penglihatan yang ideal, terlebih lagi untuk malam hari. Nutrisi yang juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit dan imunitas dalam tubuh.

Bisa ditemukan dalam ikan, susu, atau sayur – sayuran berwarna hijau dan kuning. Efek samping kekurangan vitamin ini yaitu diantaranya seperti : rabun senja, mata kering, munculnya jerawat serta breakout, katarak, sampai infeksi saluran pernapasan. Mengonsumsi dengan berlebihan juga memberikan gejala seperti : mual, muntah, kelelahan, pusing , sampai nyeri tulang.

Vitamin B

Vitamin B

Merupakan delapan vitamin yang mampu larut dalam air serta memiliki peran masing – masing dan penting guna menjaga kestabilan metobolisme sel tubuh, terlebih lagi dalam segi aspek hal melepaskan energi saat menjalakan aktivitas.

Terdapat senyawa koenzim yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan tindakan metabolisme tubuh untuk berbagai macam jenis sumber energi. Sayur – sayuran hijau serta kacang – kacangan adalah salah satu sumber vitamin A dan vitamin B yang tinggi. Dengan kamu kekurangan vitamin B akan memberikan gejala seperti : mudah kesemutan, anemia, pusing, sembelit, serta beri – beri.

Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C atau yang bisa juga disebut dengan istilah asam askorbat ini salah satu dari sekian banyak vitamin yang memiliki sederet benefit untuk kesehatan tubuh. Nutrisi ini juga memiliki kontribusi dalam hal pembentukan kolagen yang dimana adalah protein penting dalam proses menyusun jaringan sel kulit, tulang, dan sendi.

Berupa senyawa antioksidan alami yang diklaim mampu menangkal radikal bebas, serta mampu memperlambat laju mutasi dalam tubuh sehingga meminimalisir risiko terkena penyakit seperti kanker. Vitamin C juga berperan guna menutup luka saat adanya pendarahan dan melindungi dari infeksi.

Efek samping akibat kekurangan vitamin C yaitu : nyeri sendi, gusi berdarah, kulit kering, sampai badan lesu. Kelebihan nutrisi ini juga berdampak membentuk batu ginjal, risiko kanker meningkat, sampai kelebihan zat besi.

Vitamin D

Vitamin D

Bisa dikatakan bahwa kali ini merupakan jenis vitamin yang diketahui paling banyak dapat ditemukan pada makanan hewani, diantaranya seperti : ikan, kuning telur, keju, dan alpukat. Vitamin ini memiliki usaha besar dalam hal bagian tulang.

Membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi ( ketika tulang normal terbentuk, tulang tersebut akan dilapisi serat – serat mineral ). Jika kulit terkena paparan cahaya matahari, maka disitulah kulit juga memproduksi vitamin D.

Apabila kebutuhan nutrisi ini tidak tercukupi, maka akan ada gejala seperti : osteoporosis, demensia, otot keram, darah tinggi sampai masalah kesehatan jantung. Kelebihan vitamin ini juga memberikan beberapa bahaya seperti : hiperkalsemia, kerusakan ginjal, sampai kesehatan mental terganggu.

Vitamin E

Vitamin E

Berperan penting dalam menjaga kesehatan berbagai macam jaringan yang terdapat dalam tubuh, seperti : jaringan kulit, mata, hati, dan sel darah merah. Vitamin yang mampu memberikan perlindungan terhadap paru – paru dari polusi udara.

Dapat ditemukan dalam berbagai contoh makanan yakni : almond, brokoli, alpukat, ayam, sampai ragi. Sama seperti vitamin sebelum – sebelumnya yang sudah diinformasikan bahwa nutrisi kali ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil.

Tetapi, jika kekurangan ditakutkan akan mendatangkan berbagai macam masalah seperti : mati rasa, imun tubuh lemah, sampai otot melemah. Jika kelebihan juga akan menyebabkan nyeri otot, muntah, hingga perut kembung.

Vitamin K

Vitamin K

Banyak berfungsi penting dalam hal pembentukan sistem peredaran darah yang baik bagi tubuh, terlebih lagi untuk penutupan luka. Merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam fase pembekuan darah. Dapat terkandung secara alami di dalam beberapa jenis makanan sampai berupa suplemen tambahan.

Jika seseorang kekurangan nutrisi ini, maka akan mengalami pendarahan serta luka yang menjadi lama untuk sembuh. Memiliki unsur penting guna menjadi kofaktor enzim yang digunakan untuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba konsumsi seperti kacang mete, bayam, brokoli, hingga daging. Gejala awal apabila kekurangan vitamin K yaitu berupa : mimisan serta badan mudah memar. Gejala seperti nafsu makan berkurang, napas menjadi sesak, sampai keringat berlebih siap menunggu kamu jika mengonsumsi vitamin ini secara berlebihan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai seputar tentang gejala efek samping akibat kekurangan vitamin. Semoga ilmunya berguna dan bermanfaat bagi sesama, sampai jumpa dilain kesempatan and have a nice day.

10 thoughts on “Rugi Untuk Dilewatkan ! Efek Samping Kekurangan Vitamin”

    1. ada harga ada kualitas ya ka, karena memang almond sendiri produksinya bergantung sama iklim cuaca serta membutuhkan banyak tenaga kerja. semoga informasinya berguna & bermanfaat, terimakasih & sehat selalu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »

TELAH HADIR BODYCARE SERIES

Tunggu apalagi, yuk segera cobain produknya sekarang juga !!!